Thursday, February 24, 2011

Jose Mourinho, Pelatih Terbaik Versi Maradona

90237 jose mourinho 300 225 Jose Mourinho, Pelatih Terbaik Versi Maradona

VIVAnews – Siapa pelatih terbaik dunia saat ini, setiap orang pasti punya penilaian sendiri. Bagi mantan pelatih timnas Argentina, Diego Maradona, ada dua pelatih terbaik saat ini.

Maradona menyebut, kedua pelatih itu adalah Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Mourinho saat ini menangani Real Madrid, sedangkan Guardiola menjadi nakhoda Barcelona.

Namun, di antara kedua pelatih itu Maradona menilai Mourinho lebih berpengalaman dibandingkan Guardiola. “Jika saya presiden (klub), pertama saya akan mengontrak Mourinho, tentu alasannya adalah karena pengalamannya,” kata Maradona seperti dilansir dari Tribal Football.

Sepak terjang kedua pelatih itu tentu tidak perlu diperdebatkan lagi. Mourinho misalnya, bersama FC Porto dan Inter Milan, pelatih asal Portugal itu sukses membawa kedua klub itu juara Liga Champions.

Atas kesuksesannya itu, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menetapkan Jose Mourinho sebagai pelatih terbaik dunia 2010. Pelatih 47 tahun asal Portugal itu meraih 35,92 persen suara.

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai Panchina d’Oro, pelatih terbaik di Italia untuk musim 2009-10. Gelar ini dianggap layak disandangnya berkat tiga gelar (treble) yang dipersembahkannya kepada Inter Milan tahun lalu.

Meski bagi Maradona, Mourinho adalah pelatih yang lebih berpengalaman, bagaimanapun Guardiola juga mempunyai kelebihan tersendiri. Menurut Maradona, Guardiola adalah tipe pelatih pekerja keras.

Prestasi Guardiola sejak menangani Barcelona bukan pepesan kosong. Ia juga sukses membawa Barcelona juara Liga Champions dan juara Piala Dunia Antarklub musim 2009-2010.