GIANYAR – Meski dihadapkan dengan lebih banyak kompetitor, Canon optimistis mampu menguasai pasar kamera Digital LSR di Indonesia, tahun ini.
Itu diungkapkan Sintra Wong selaku Marketing Manager Image Communication Product Division PT Datascrip pada acara ‘Canon EOS and LEGRIA Press Tour’ di Bali Safari and Marine Park, Kamis (24/2/2011) malam.
Sintra melaporkan, Canon menempati posisi puncak dalam market kamera DSLR sepanjang 2010 dengan menguasai lebih dari 53 persen.
Sebagai informasi, pada 2010 lalu, Canon berhasil menjual sekira 85 ribu unit kamera DSLR dari total penjualan 115 ribu unit di Indonesia. Melihat angka yang menjanjikan itu, tak ayal Canon pun menatap peluang 2011 dengan penuh optimisme.
“Kami memprediksi, sepanjang 2011 ini, total penjualan kamera DSLR akan mencapai 165 ribu unit,” cetus Sintra.
“Dari angka itu, Canon memasang target untuk menjual 120 ribu unit, atau 70 persen lebih dari market yang ada,” lanjutnya.
“Bagi kami, 120 ribu adalah angka ang realistis. Apalagi, berdasarkan data GFK di tujuh kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Makassar) sejak Juli hingga Desember 2010, Canon masih menempati posisi pertama dalam pasar kamera DSLR dengan market share mencapai 53 persen hingga 60 persen,” tutupnya.