Saturday, March 12, 2011

20 Rumah Rusak Diterjang Tsunami di Jayapura

Sekitar 20 rumah di Jayapura rusak akibat imbas dari gempa bumi dan tsunami di Jepang. Kerusakan terjadi di dua tempat berbeda yang lokasinya tepat berada di pinggiran pantai Kota Jayapura.

'Ada sekitar 16 rumah masyarakat dan pariwisata rusak parah terhantam pecahan tsunami. Sementara di Engros ada 4 rumah yang hanyut,' kata Sekertaris Badan Nasional Penanggunalan Bencana (BNPB) Kota Jayapura, Yohanes Wemben kepada detikcom di Jayapura, Sabtu (12/3/2011).

Ia mengatakan, selain rumah, beberapa fasilitas umum milik masyarakat juga menjadi rusak karena dorongan pecahan tsunami kecil. Dorongan itu mencapai hingga 100 meter dari bibir pantai.
'Jadi, kerusakan cukup besar karena pecahan tsunami itu menerjang sekitar 75 meter-100 meter dari bibir pantai,' kata dia.

Sementara menyinggung soal penanganan terhadap para korban bencana, Yohanes mengaku saat ini BNPB masih melakukan pendataan. Setelah pendataan akan dilakukan penanganan sebagaimana mestinya.

'Yang pasti saat ini ibu-ibu dan anak-anak di Holtekam yang rumahnya rusak sejak malam kemarin sudah mengungsi di kilometer 9 di Koya Koso Distrik Muara Tami. Untungnya sampai saat ini belum ada korban jiwa,' kata dia.