Monday, March 14, 2011

Aneh, Ada Ikan Tanpa Mata

Aneh, Ada Ikan Tanpa Mata - Berita Harian, Bagaimanakah cara melihat sebuah ikan yang tak mempunyai mata? Ikan ini bukan karena kecelakaan sehingga mata ikan tersebut mengalami kebutaan, namun ikan ini benar-benar tidak mempunyai mata. Ikan ini berhasil ditemukan oleh para peneliti dari Institute of Research and Development (IRD) di Montpellier, Perancis Selatan yang tengah meneliti gua, sungai bawah tanah dan hutan di daerah terpencil Lengguru, Papua.






Daerah tersebut sangat sulit untuk diakses, namun memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya dan mereka menemukan ikan tanpa mata tersebut disana. Selama tujuh minggu, tim termasuk ahli biologi, ahli paleontology, dan arkeolog menjelajahi labirin batu kapur yang luas dimana spesies berevolusi secara terpisah selama jutaan tahun. Tim arkeolog menemukan lukisan gua dan alat-alat yang terbuat dari kulit kerang yang member bukti migrasi kuno dari Asia ke benua Australia sekitar 40 ribu tahun silam.



Penelitian ini akan terus dilakukan dan dikembangkan setelah beberapa temuan tersebut. Proyek ini bekerja sama dengan kementerian laut Indonesia dan lembaga ilmu pengetahuan Indonesia. Sementara itu , mengenai ikan tersebut masih diteliti tentang proses bergerak tanpa menggunakan mata tersebut.