Saturday, March 12, 2011

DUO,Mobil ramah lingkungan

Sumber daya alam minyak dan gas yang sifatnya terbatas menjadi momok seluruh pengguna kendaraan bermotor di Bumi, setidaknya dalam beberapa dekade ke depan. Para penemu terus berupaya mencari cara untuk memanfaatkan energi alternatif yang dapat diperbaharui sebagai pengganti bahan bakar minyak dan gas.



Selain menggunakan energi matahari atau panel surya, beberapa pengembang coba menggunakan energi listrik sebagai bahan bakar alternatif kendaraan bermotor. Myers Motors salah satunya. Produsen mobil mini asal Ohio-AS ini sedang menggodok konsep mobil berbasis energi listrik keduanya.



Sebelumnya, Myers Motors sempat memperkenalkan konsep Myers Motors NMG (‘No More Gas’ atau tidak menggunakan minyak) akhir tahun 2009 dan mulai dipasarkan pada akhir tahun lalu.



Mobil efisien ini memiliki tiga roda, dua di depan dan satu di belakang, dengan kapasitas satu penumpang. Ia muncul sebagai produk integrasi antara sepeda motor dan mobil. Masih seperti desain motor, lampu utamanya berada di tengah.



Untuk menerangi jalan lebih luas, Myers juga melangkapi dua lampu sekunder, masing-masing di sebelah kanan dan kiri lampu utama. Dimensi mobil sedemikian rupa sehingga desain bagian depan seperti terlepas dari pusat body.



Kini, Myers Motors kembali memperkenalkan mobil baru bernama: DUO. Jika dilihat wajahnya, sepintas ia sama saja dengan NMG. Hanya saja DUO memiliki kapasitas dua penumpang dan daya listrik baterai yang lebih besar.





Secara teknis, DUO masih dianggap sebagai sepeda motor listrik, sehingga dibolehkan untuk parkir di area parkir sepeda motor.



Bagi siapa yang memesan DUO sebelum 31 Desember tahun ini akan lepas dari tanggungan pajak pembelian sebesar 10 persen dari harga normal yang mencapai US$2.500, setara Rp22,1 juta. Pra-produksi DUO kemungkinan akan rampung pada bulan April mendatang.