Monday, March 14, 2011

Inilah 5 lokasi Penyelaman Menarik Di Indonesia

Inilah 5 lokasi Penyelaman Menarik Di Indonesia – Menikmati wisata pantai dan melihat keindahan laut belum lengkap rasanya jika tidak melakukan penyelaman untuk melihat keindahan laut di tanah air.Namun ada beberapa tempat penyelaman di Indonesia yang sangat indah untuk dinikmati saat berlibur.


Berikut lima tempat penyelaman menarik di Indonesia :


1. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, kerap dijadikan destinasi utama para penyelam alias scuba diver dari dalam maupun luar negeri. Menurut para penyelam yang tergabung dalam Komunitas Selam Kingdom Jakarta, alam bawah lautnya sangat eksotis terutama di Pulau Wayag, Pulau Stefani, Pulau Quoy, Pulau Coquille, Pulau Kawe, dan Pulau Balabalak. Hampir seluruh pulau ini menjadi bagian penting bagi penyelam karena alamnya masih bersih nan elok. Daya pandang (visibility) di bawah laut pulau ini, pada pukul 12.00 waktu setempat, bisa mencapai 30 meter.


2. Tulamben, Bali

Pulau Dewata ini memiliki alam menawan dan adat budaya aduhai, seluruh penduduk di bumi mungkin sudah mafhum. Tapi, tahukah mereka di pulau ini terdapat tempat menyelam indah? Belum tentu.


Kalau belum tahu, tempat indah itu adalah Tulamben di Karang Asem, Bali Timur. Bagi para penyelam baik kelas pemula maupun mahir, mereka sangat rugi bila tak memasukkan Tulamben sebagai tujuan plesiran penting alam bawah laut.


Betapa tidak, di kawasan ini terdapat bangkai kapal perang Amerika Serikat “Liberty” yang tenggelam akibat dihantam torpedo kapal selam Jepang pada Perang Dunia II, 1942. “Tak kurang dari 100 penyelam saban hari menikmati wreck alias bangkai pakal perang ini,” tulis Wikipedia.


3. Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo, kini, tengah diperjuangkan pemerintah Indonesia sebagai bagian dari warisan dunia dan bagian dari tujuh keajaiban dunia. Di kepulauan ini terdapat hewan langkah di dunia yakni komodo (varanus komodensis), binatang buas mirip kadal raksasa.


Selain dihuni binatang unik di dunia, kepulauan komodo juga menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Martin Wetik mengatakan kepada Tempo, di tempat ini penyelam bisa melakukan drift diving atau disebut penyelaman dengan arus. Dengan cara menyelam seperti ini, jelas Martin, penyelam tak perlu repot-repot mengayuh kaki dengan fin. “Untuk menikmati alam bawah laut, penyelam cukup mengikuti arus,” ujar Martin dilansir dari tempo.


4. Lembeh, Sulawesi Utara

Jika bertamasya ke Sulawesi Utara, khususnya bagi penyuka olahraga air, jangan hanya ke Bunaken yang dikenal memiliki air jernih, tapi, perlu pula melakukan perjalanan ke Lembeh, Bitung. Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu 90 menit melalui perjalanan darat dari bandar internasional Manado dan terdapat tujuh bungalow bersih bergaya Eropa.


Bagi penyelam pemula atau penyuka snorkling, Lembeh adalah tempat paling cocok untuk memuaskan hobinya. Bayangkan, hanya di kedalaman lima hingga tujuh meter dari permukaan laut, penyelam bisa menikmati binatang-binatang laut kecil dan unik misalnya, aneka ragam kuda laut, kepiting, atau gurita kecil. “Ada baiknya ketika menyelam, kita membawa mac (macro) dive yaitu kaca pembesar untuk melihat hewan-hewan laut berukuran mini,” tutur Martin.


5. Kepulauan Seribu, Jakarta

Bila Anda warga Jakarta dan memiliki kegemaran menyelam, Kepulauan Seribu sangat tepat untuk mengisi waktu senggang Anda. Dari sekian pulau yang ada di sana, Abdul Wahab, seorang instruktur selam dari POSSI, menyarankan Anda menyelam di Pulau Sepa.


Pulau ini dapat ditempuh dalam waktu dua jam dari Pantai Marina, Ancol, Jakarta Utara. Sehingga jika Anda tak punya waktu banyak namun syahwat untuk menyelam tak bisa diredam, maka pilihannya adalah Pulau Sepa. Anda bisa menyelam pagi dan siang, sorenya bisa kembali ke Jakarta.