Tuesday, March 1, 2011

Membaca Al Fatihah Mesti Benar!!

Sebagai salah satu rukun sholat, Al Fatihah mempunyai kedudukan khusus sebagai sebuah surat Al Qur’an. Dia akan selalu dibaca di tiap raka’at…dengan demikian Al Fatihah bisa dikatakan sebagai bacaan WAJIB dalam sholat. Oleh karenanya, kita MESTI MEMPERHATIKAN dg baik+benar bacaan Al Fatihah, jangan sampai salah!

Hal ini aku uraikan, karena ternyata ada salah satu ayat dalam surat Al Fatihah, yg jika dibacanya ’salah’, maka maknanya akan sangat berbeda…dan malah bisa menjerumuskan kita dalam jurang kemusyrikan.

Ayat yg dimaksud adalah ayat 5, (5) Iyyaa Kana’budu Wa Iyyaa Kanasta’iin. Ayat ini mempunyai arti “kepada Engkau-lah (ALLOH SWT) kami menyembah dan kepada Engkau (ALLOH SWT) kami meminta pertolongan”

Perhatikan bagian yg dicetak miring!! Apabila bagian tersebut dibaca Iya (disebut tanpa tasydid), artinya adalah ‘matahari’. Dengan demikian, artinya menjadi “kepada mataharilah yang kami sembah dan kepada matahari kami meminta pertolongan”!!!!

‘Mengerikan’ bukan? Kita berniat menyembah dan meminta pertolongan hanya kepada ALLOH SWT, namun karena salah tajwid (kurang tasydid), sembahan kita ‘melenceng’ … menjadi matahari…seperti halnya kaum Mesir, yg menyembah Ra, dewa matahari.

Naudzubillah…

Sekali lagi…BACAAN AL FATIHAH HARAP DIPERHATIKAN…SEBARKAN ARTIKEL INI JIKA PERLU!!! (tanpa bermaksud hoax loh…)