Saturday, March 5, 2011

Siap-Siap Wisata Nyepi Di Bali

Siap-Siap Wisata Nyepi Di Bali – Sebentar lagi Umat Hindu di Bali akan menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 5 Maret 2011.Seperti biasa,saat perayaan ini digelar,semua aktifitas akan di hentikan selama sehari penuh.Namun bagi wisatawan tidak perlu cemas,saat Nyepi para wisatawan masih bisa menikmati liburan nyepi yang menenangkan.


Melasti atau upacara penyucian sarana sembahyang merupakan rangkaian Nyepi yang sangat menarik untuk Anda lihat. Perlengkapan persembahyangan akan diarak dari Pura ke pantai. Upacara ini biasanya terjadi dua hari sebelum Nyepi. Jika Anda ingin melihat upacara tersebut, Anda bisa mendatangi beberapa pantai yang umum dipakai untuk upacara adat di Bali.


Namun sebagian besar pantai di Bali akan menjadi tempat prosesi tersebut. Pantai-pantai yang umum dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Di beberapa daerah di Bali perayaan Melasti dilakukan di pagi hari. Pantai Sanur salah satunya. Namun ada pula yang melakukan prosesi di sore hari menjelang matahari terbenam seperti di Pantai Kuta. Pantai lainnya adalah Pantai Candidasa dan Pantai Klotok di Bali bagian timur.


Keesokan harinya adalah prosesi mecaru atau tawur kesanga yang diikuti dengan ngerupuk. Upacara pengerupukan merupakan prosesi untuk mengusir Buta Kala atau roh jahat agar tidak mengganggu umat yang akan melakukan Nyepi. Acara ngerupuk akan meriah dengan pawai ogoh-ogoh.


Puncak perayaan yaitu Hari Raya Nyepi semua aktivitas akan berhenti. Jalanan sepi seperti kota mati. Pada malam hari gelap gulita. Umat Hindu akan melakukan Catur Brata Penyepian, yaitu tidak menggunakan api, tidak bekerja, tidak bepergian, dan tidak menikmati hiburan. Jika Anda tidak memiliki kenalan orang Bali memang agak susah untuk bisa benar-benar merasakan momen ini.


Namun, jika Anda bukan tipikal yang bisa berdiam diri tanpa melakukan apa pun, Anda bisa mengambil paket Nyepi yang biasanya ditawarkan hotel. Bila Anda biasa melakukan meditasi atau yoga, momen ini pun tepat Anda manfaatkan untuk perenungan. Pilih penginapan di daerah-daerah yang memang tidak terlalu ramai wisatawan.


Sehari setelah Nyepi, umat Hindu Bali akan merayakan Ngembak Geni. Biasanya warga Bali akan mengunjungi sanak keluarga. Pastikan Anda bisa menyaksikan tradisi sakral Med-Medan, prosesi berpelukan dan ciuman massal. Tradisi unik ini hanya bisa Anda temukan di Sesetan, Denpasar.