Wednesday, March 2, 2011

Zakat Pun Berbasis Cloud

JAKARTA - Teknologi Informasi (TI) kini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sosial, terutama zakat. Kewajiban umat Islam tersebut bahkan dapat dipermudah dengan teknologi yang disebut cloud (awan).

PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) memberikan gambaran tentang arti penting pemanfaatan sarana Teknologi Informasi (TI) dalam pengelolaan zakat, terutama oleh lembaga-lembaga yang bergerak dibidang tersebut. Acara diikuti oleh LAZ dan NGO yang tergabung dalam anggota Forum Organisasi Zakat (FOZ).

Hasil kolaborasi Lintasarta dengan PT Citra Niaga Teknologi (CNT) yang bergerak dalam bidang ICT, dalam pengelolaan zakat Lintasarta bertindak sebagai penyedia solusi VAS dan sarana infrastruktur sedangkan CNT sebagai penyedia sistem aplikasi.

Pemanfaatan TI dalam pengelolaan zakat yang terintegrasi untuk transparasi pengelolaan zakat, pengelolaan zakat yang akuntabel dan optimalisasi dengan sistem informasi. Demikian yang dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (2/3/2011).

Pengelolaan zakat hasil kolaborasi antara Lintasarta dan CNT ini menggunakan solusi Cloud Computing Lintasarta.

Keunggulan Cloud Computing Lintasarta dibandingkan yang lainnya adalah jaminan keamanan, flexibilitas, Service Level Aggrement (SLA) hingga 99,9 persen dan didukung oleh SDM yang kompeten sehingga perusahaan dapat fokus terhadap core bisnisnya tanpa perlu memikirkan pengelolaan dan management IT perusahaan.

Dengan adanya solusi cloud computing ini diharapkan pengelolaan zakat dapat dilakukan dengan cepat, mudah, akurat dan transparan, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam mennyalurkan dana zakat mereka dan menjadikan berzakat tidak hanya menjadi kewajiban namun sebagai gaya hidup.(tyo)