Friday, March 4, 2011

Bony Hargen: Fraksi Harusnya Dihilangkan

IMG 6610 edit 200 Bony Hargen: Fraksi Harusnya Dihilangkan


JAKARTA: Pakar politik Universitas Indonesia Bony Hargen mengatakan, fraksi di parlemen seharusnya ditiadakan dalam sistem pemerintahan karena tidak memiliki peran berarti.

“Fraksi harus ditiadakan, karena fraksi gak penting. Peran komisi yang penting,” ucap Bony dalam sikusi Jumatan bersama Ketua DPR di gedung DPR, Jumat, (4/3).

Bony pun mengkritik keras sikap PKB yang berencana untuk memecat Lily Wahid dan Effendi Choirie karena mendukung hak angket pajak. Menurut Bony, rencana tersebut tidak masuk akal. Fraksi telah menahan kebebasan anggotanya yang dipilih rakyat.

“Fraksi membelenggu anggota dan mempersulit anggotanya. Misalnya, dalam kasus Lily dan Gus Choi yang dipecat, itu gak masuk akal. Strukturnya aneh di Indonesia,” ujarnya.

Dosen FISIP UI tersebut menyarankan jika fraksi dihilangkan dalam parlemen, Komisi yang brjumlah 11 di parlemen bisa lebih diperkuat lagi sehingga bisa efektif.

“Kita perkuat peran DPR terhadap komisi-komisi. Tapi, peran komisi harus diperkuat dengan ceck and balance,” tambahnya.

Tak hanya soal fraksi, Bony juga meminta Setgab dibubarkan karena sudah tidak berjalan efektif dan hanya menjadi forum untuk berebut jatah menteri. (*/OL-3)