Saturday, March 5, 2011

Indahnya Pulau Sangalaki

Indahnya Pulau Sangalaki – Sungguh indah pemandangan di pulau ini,terletak Kabupaten Berau,Kalimantan Timur,pulau ini menawarkan keelokan alam yang sungguh menakjubkan.


Sangalaki adalah pulau kecil yang luasnya sekitar 13 Ha. Dengan jalan santai,wisatawan bisa mengelilingi pulau yang berstatus Taman Wisata Alam (TWA) ini hanya dalam waktu 30 menit.


Selama perjalanan, wisatawan akan menikmati pantai berpasir putih dan laut yang menawan. Pada pagi dan sore hari, wisatawan juga bisa menikmati fenomena alam yaitu terbit dan terbenamnya matahari yang menakjubkan.


Tak hanya itu. Selama wisatawan mengelilingi pulau, para wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai satwa liar yang yang mungkin belum pernah para wisatwan lihat sebelumnya. Seperti ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang, burung pergam laut dan burung pantai/laut lainnya. Di sepanjang pantai, para wisaawan juga bisa menemukan berbagai jenis moluska (kerang) dalam berbagai bentuk dan warna.


Selain itu, Pulau Sangalaki juga memiliki alam bawah laut sangat indah, terumbu karang yang ada di pulau ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tutupan karang rata-rata Pulau Sangalaki adalah 26.75% untuk karang keras dan 42.50% untuk karang hidup.


Keunikan lain dari Pulau Sangalaki adalah adanya agregasi pari manta di perairan pulau ini. Pari manta merupakan jenis ikan pari yang makanan utamanya berupa plankton. Perairan Sangalaki memiliki kelimpahan zooplankton paling tinggi dibandingkan kawasan perairan lain di KKL Berau.


Tingginya kelimpahan zooplankton tersebut menjadikan kawasan ini sebagai tempat agregasi pari manta yang paling tinggi. Dan untuk menyaksikan ikan unik ini, para wisatawan harus menyelam.


Perjalanan menuju Pulau Sangalaki dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara. Jarak tempuh perjanan darat dari ibu kota provinsi yaitu Samarinda menuju kota Tanjung Redeb adalah sekitar 700 Km dengan kondisi aksesibilitas jalan ’sedang’. Jenis kendaraan yang dapat digunakan adalah mobil sewaan dengan biaya sekitar Rp3.000.000 untuk perjalanan pulang pergi.