Friday, March 4, 2011

Kapal Amukti Palapa Segera Beroperasi

P1240349 Kapal Amukti Palapa Segera Beroperasi

“Informasi dari pimpinan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, pengoperasian Kapal Amukti Palapa sebagai kapal perintis tinggal menunggu waktu saja, karena proses tender jalur perintis dengan menggunakan kapal tersebut sudah selesai,” katanya di Sumenep, Jumat.

Sesuai informasi dari pimpinan Dinas Perhubungan Jawa Timur, kata dia, juga diketahui perusahaan pelayaran yang menjadi pemenang tender atau pengelola Kapal Amukti Palapa sebagai armada perintis pada tahun ini adalah PT Sumekar.

“Dengan demikian, warga kepulauan terjauh di Sumenep, seperti Masalembu dan Sapeken, bisa segera memanfaatkan Kapal Amukti Palapa sebagai kapal perintis. Tunggu saja,” ujarnya menuturkan.

Kapal perintis yang beroperasi di Sumenep berjumlah dua unit, yakni kapal yang titik pemberangkatan awalnya dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, dan satunya dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Untuk kapal perintis yang titik pemberangkatannya dari Pelabuhan Tanjung Wangi sudah beroperasi sejak 6 Januari,” kata Aminullah menambahkan.

Pengoperasian kapal perintis di perairan Sumenep disubsidi oleh pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan dan belanja negara, dengan masa kontrak setiap tahunnya hingga 31 Desember.

Oleh karena itu, setiap awal tahun dilakukan pembaruan kontrak kerja yang sebelumnya didahului dengan proses tender.

Kapal perintis adalah satu-satunya armada yang cakupan pelayanannya hingga kepulauan terjauh di Sumenep, seperti Masalembu dan Sapeken.

Sumenep memiliki 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.