Friday, March 4, 2011

Kapal Karam Mulai Bergeser 15 Meter

0931403620X310 Kapal Karam Mulai Bergeser 15 Meter Ist Ilustrasi kapal tenggelam

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan Adpel Pontianak Moch Adi Ismail menyatakan, kapal layar motor Rahmatia Sentosa mulai bergeser 15 meter ke arah selatan dari lokasi tenggelam sejak dua pekan lalu.

Bergesernya KLM Rahmatia Sentosa sejauh 15 meter, Jumat (4/3/2011) setelah dilakukan evakuasi sejak tiga hari terakhir dengan mengerahkan beberapa alat evakuasi, mulai dengan menarik menggunakan enam ponton dan enam buah balon apung dengan daya apung 120 ton.

"Hingga saat ini, apakah muara Jungkat sudah bisa dilalui atau tidak kami tidak mengetahuinya," kata Adi.

Asisten Manajer Pelayanan Kapal Barang dan Umum Pelabuhan Indonesia II Pontianak Muhammad Sabi menyatakan, hingga saat ini 10 kapal motor draf empat meter ke atas masih tertahan di jalur Sungai Kapuas Pontianak atau muara Jungkat karena terhalang kapal layar motor Rahmatia Sentosa yang tenggelam sejak dua pekan lalu.

"Dari 10h KM tersebut, lima di antaranya KM pengangkut kontainer dan lima lagi KM kargo," katanya.

Tertahannya KM ukuran besar itu, karena tidak bisa masuk ke jalur Sungai Kapuas. "Hanya KM ukuran draf dibawah tiga meter yang bisa melewati jalur yang sempit itu karena terhalang KLM yang tenggelam," katanya.